Perawatan Wajah Setelah ‘Peeling’
14.18 | Author: Nanisa Beauty & Dental Clinic

Perawatan Wajah Setelah ‘Peeling’

Scrub atau peeling adalah pengelupasan kulit wajah untuk membuang sel-sel kulit yang sudah mati. Wanita di kota besar umumnya sudah akrab dengan istilah peeling, yang merupakan salah satu layanan yang dengan mudah ditemui di berbagai salon kecantikan dan spa.

Setelah tindakan peeling, pasien biasanya akan mengalami kemerahan pada wajahnya selama 1-2 jam. Kadangkala di beberapa tempat terjadi lecet yang perih selama 1-2 hari. Pengelupasan kulit sebelum waktunya bisa mengakibatkan luka lecet yang akhirnya sembuh sebagai noda coklat. Untuk menghindarinya, perhatikan hal-hal berikut :

1. Selama 7 hari pertama, usahakan tidur terlentang agar wajah tidak tergosok bantal.

2. Cuci muka dua kali sehari. Gunakan susu pembersih atau busa pembersih, tidak disarankan menggunakan pembersih yang lain. Usapkan dengan lembut di seluruh wajah lalu bilas dengan air hangat. Keringkan wajah dengan cara ditekan-tekan dengan handuk bersih (jangan digosok). Hindari membasahi wajah langsung di bawah pancuran, karena bila aliran airnya terlalu kencang, kulit akan mengelupas sebelum waktunya.

3. Hindari pemakaian lotion penyegar (freshner toner).

4. Pada saat wajah terasa kencang, hindari gerakan berlebihan dari otot wajah seperti tertawa lebar, mengernyitkan dahi, dsb.

5. Jangan menggaruk, menggosok atau mencubit wajah terlalu keras.

6. Untuk sementara waktu jangan berolahraga terlalu berat, karena keringan yang banyak dapat mengelupaskan kulit terlalu cepat.

7. Bila ada sebagian kulit yang mengelupas, gunting bagian yang terlepas dan jangan dikupas seluruh kulit yang mengering, karena kulit di bawahnya belum siap terkena kontak dengan udara luar.

8. Bila terjadi lecet, segera hubungi dokter Anda.

9. Pada pagi hari, selalu gunakan krim tabir surya dan tetap hindari terpapar sinar matahari terlalu lama.

10. Pada hari ke-3 atau ke-4 setelah tindakan peeling, lakukan kontrol ke dokter.

|
This entry was posted on 14.18 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 komentar:

On 25 November 2008 pukul 12.23 , Anonim mengatakan...

dok, lucu kali ya kalo cowok pake sunblock siang hari. kayak topeng monyet ga ya ?

ramadhan

 
On 6 Desember 2008 pukul 09.39 , Anonim mengatakan...

Mas Ramadhan ybh, keharusan untuk memakai sunblok sebenarnya tidak hanya diperuntukkan bagi kaum hawa saja, tetapi juga bagi kaum adam. Keengganan para pria untuk menggunakan sunblok inilah yang menyebabkan lebih banyak pria yang terkena kanker kulit daripada wanita..
Tabir surya meskipun dipakai pria sekalipun, warnanya akan menyatu dengan warna kulit, jadi tidak benar anggapan anda jika memakai tabir surya seperti topeng monyet.

-dr.Tita-

 
On 1 Juni 2011 pukul 17.08 , Anonim mengatakan...

dok untuk melakukan peeling ada batasan usia tidak ??

 
On 14 November 2014 pukul 10.31 , Unknown mengatakan...

Dok klo mau jd member diklinik nanisa gmna caranya?

Terima kasih